Laju Buruk Jose Mourinho Dengan Manchester United

Jose Mourinho tengah menjadi pusat perhatian akan laju buruk yang dialami Manchester United pada musim ini. Akan tetapi, bagi Wayne Rooney, para pemain tim juga memiliki tanggung jawab.
Start Manchester United pada ajang pertandingan Liga Inggris 2018/2019 yang sangat tak memuaskan. Sebanyak delapan kompetisi yang telah dilakoni, Setan Merah baru meraih kemenangan dengan sebanyak empat kali, yang hasil seri satu kali, serta mengalami kekalahan sebanyak tiga kali.
Dengan mengantongi sebanyak 13 poin, Manchester United tertahan pada posisi ke-delapan. Mereka yang berselisih sebanyak tujuh poin dari Manchester City yang berada di posisi teratas.
Dengan laju buruk yang dialami Manchester Unitef itu menyebabkan Mourinho mendapatkan sejumlah kritikan pedas. Pelatih berkebangsaan Portugal tersebut bahkan tengah dirumorkan mengenai masalah pemecatan.
Rooney, yang sekarang ini berkarier di Amerika Serikat dengan tim DC United, dengan menilai Mourinho cuma menjadi kambing hitam dengan penampilan buruk dari para pemain Manchester United. Menurut eks kapten MU tersebut, Paul Pogba dengan rekan setimnya juga mesti menaikkan level performanya.
“Pelatih hanya melakukan banyak hal, namun setelah itu semuanya bergantung terhadap para pemain ketika di atas lapangan. Mungkin saja dilihat secara kolektif ini ialah akumulasi, namun Jose ialah sasaran yang gampang,” papar Rooney.
“Ini ialah kondisi yang susah. Bagi para pemain dan pelatih, ini ialah sebuah start yang berat. Saya mengetahui Jose banyak memperoleh komentar, namun para pesepakbola mesti menghadapinya dengan berani. Mereka mesti dapat diandalkan dan mesti menjadi lebih baik.”
Kondisi yang sedang dialami Mourinho dengan Manchester United sekarang ini mengingatkan kembali Rooney pada jaman Louis van Gaal. Ketika itu Rooney juga meminta kepada para pesepakbolanya Manchester United untuk memperbaiki penampilannya.
“Saya katakan hal yang serupa pada saat Louis van Gaal berada di sana. Dirinya yang mendapatkan sejumlah kritikan namun di balik layar, saya mengatakan kepada para pemain jika kami mesti lebih baik,” ujar Rooney.
“Secara pribadi saya rasa dirinya mengurus kami dengan sempurna, namun kami tak memberikan hasil ketika bermain di atas lapangan. Maka saya percaya saat itu dikatakan di balik layar,” katanya.